Rabu, 08 Februari 2017

anggap saja ini surat cinta untukmu

Teruntuk ibu guru cantik, @hannaahan

Hai partner menulis surat cinta!
Hahaha apa banget sih pake hai segala
Situ juga masih suka nongol di grup walaupun telat

Tahun ini aku sepi, ngga ada yang ngingetin buat nulis surat cinta
Sepi lho ya, bukan kesepian
Hmm, kesepian juga sih
Ish

Hanna,
Jelas, pasti, aku kehilangan temen sepersinglean disini
Sedih tau, habis ngumpul yang lain dijemput ama lakinya
Lah eike? Paling banter nebeng ekawan balik rumah hahaha

Hanna,
I’m proud of you
Kamu gigih, pantang menyerah, ngga manja, buat dapetin apa yang kamu mau
Kamu mau jadi pengajar di ujung negeri
And, congratulation, Hanna <3

Hanna,
Jujur aku iri sama kamu
Ngga cuma kamu sih sebenernya
Satu per satu udah bisa ngechecklist wishlist atau apapun itu
Dan aku ngerasa stuck
Dititik ini aja, ngga pindah kemana-mana
Jalan ditempat
Mending ya jalan
Ini tanpa pergerakan

Etapi
Ngga boleh iri ya
Semua udah punya jalan masing-masing
Aku aja yang belum waktunya kali ya

Ini surat cinta buat kamu kenapa akunya menghibur diri sendiri?
Hahahaha

Hanna,
Bikin diary deh disana
Pulang dari sana, disusun ulang
Jadiin buku
Skill nulismu tak kuragukan

Hanna,
Kamu adalah salah satu orang kuat yang aku kenal
Bukan kuat angkat beban bukan
Kuat hatinya
Kuat keyakinannya

Hanna,
Selamat mengabdi, menikmati yang menjadi pilihanmu
Jangan ada kata menyesal dalam hidup
Semua yang terjadi, pasti ada alasannya

Hanna,
Semoga surat cinta ini kamu baca disaat yang tepat
Semoga surat cinta ini bisa menjadi pelipur rindu
Semoga surat cinta ini bisa menyulut semangatmu
Hahahahaha opoooo

See you soon, Hanna
I miss you.

ps. salam untuk ikan-ikan natuna. bilang, aku pingin makan mereka yang seger-seger

Rabu, 02 November 2016

hai

hai, diriku lima tahun yang akan datang
mungkin kamu lupa kenapa aku menuliskan ini
malam ini kamu menyelesaikan kukila yang ditulis oleh aan mansyur
dan terinspirasi untuk menulis surat untukmu, diriku lima tahun yang akan datang

hai, diriku lima tahun yang akan datang
mungkin kamu lupa kamu pernah sibuk mendoakan nasibmu sekarang
mungkin kamu lupa pernah untuk ingin segera manjadi seperti sekarang ini

hai, diriku lima tahun yang akan datang
bagaimana kabarmu?
bagaimana kabar orangtuamu?
bagaimana kabar suamimu?
bagaimana kabar anak(-anak)mu?

hai, diriku lima tahun yang akan datang
aku menuliskan surat ini untukmu dan sejenak berpikir
bagaimana bisa kamu membalas dan mengirimkan surat untukku?

Kamis, 12 Mei 2016

sebelum 366

baru saja membaca postingan terakhir di bulan Februari.
dan
.
.
.
aneh! hahaha. mungkin terlalu lama tidak menulis, bahasa yang aku pakai semakin kaku.

mungkin bener apa yang dibilang Hanna. tahun 2015 bukan tahun yang ramah untuk menulis. tapi ngga adil juga kalau menyalahkan kesibukan saat itu sebagai penyebab kekosongan menulis.

ngga kerasa, setahun sudah kuinjakkan kaki di wilayah dekat ibukota. rasa-rasanya setahun sudah cukup untuk bertualang disini. walaupun jalanan kota masih belum terlalu hapal, setidaknya setahun sudah bisa lah ya dikatakan "pernah tinggal"? sudah saatnya menginjakkam kaki di lokasi petualangan berikutnya. layaknya sebuah game, ketika level kita meningkat, lokasi permainan juga akan berubah. semoga sebelum bumi menghabiskan hari ke 366nya mengitari matahari, lokasi bermainku sudah berubah.


xoxo
ium

Jumat, 05 Februari 2016

1 tahun 3 bulan 4 hari

1 tahun 3 bulan 4 hari

mungkin seharusnya 1 bulan 1 hari yang lalu saja kubuat tulisan ini. jadi 1 tahun 2 bulan 3 hari. iya kan? kalau salah biarlah, aku bukan orang yang perhitungan.

satu tahun lebih aku hiatus mengisi blog ini
saat kubuka, e-kecoak, e-semut, e-serangga, e-sarang labalaba, harus kubersihkan dulu

satu tahun ini, banyak perubahan yang terjadi
sudah dua kota aku lewati
sudah ada hati yang pernah singgah (atau kusinggahi?)
sudah ada hati yang meninggalkan juga (atau kutinggalkan?)
dan aku sudah mulai canggung untuk menyusun kata-kata


xoxo
ium

Sabtu, 01 November 2014

Pulang

bagaimana jika pulang ini bukan untuk pulang?
bagaimana jika pulang ini untuk melarikan diri?
melarikan diri dari kepenatan yang masih tak terlihat ujungnya
melarikan diri dari rutinitas yang masih seperti itu saja
atau bahkan
melarikan diri darimu...

jika pulang menjadi satu-satunya obat untuk pergi darimu
jika pulang menjadi satu-satunya cara untuk lari darimu
jika pulang menjadi satu-satunya tek untuk menghindar darimu
maka pulangku ini akan kudedikasikan untuk itu.


xoxo
ium.

Sabtu, 18 Oktober 2014

Tiga Kata yang (sering) Dilewatkan

Pernah ngga sih ngerasa kesel kalau ada yang ngga bilang terimakasih ketika kita ngerasa seharusnya orang itu mengucapkan terimakasih ke kita?
Pernah ngga sih ngerasa males kalau ada yang ngga bilang tolong ketika dia minta bantuan ke kita?
Pernah ngga sih ngerasa sebel kalau ada yang ngga bilang maaf ketika dia melakukan kesalahan?

Pernah ngga sih disaat seharusnya kita mengatakan terimakasih, kita tak menyadarinya dan berlalu begitu saja?
Pernah ngga sih disaat seharusnya kita mengatakan tolong, kita justru memerintah dengan tidak sopan?
Pernah ngga sih disaat seharusnya kita mengatakan maaf, kita pergi begitu saja dan berpura-pura tidak terjadi apa-apa?

Tiga kata tersebut terlihat sepele, tapi besar maknanya. Ketika salah satu dari tiga kata keramat tersebut, orang yang kamu ajak berbicara akan merasa lebih dihargai. Begitu juga ketika seseorang mengatakan salah satu dari tiga kata keramat itu ke kamu, kamu akan merasa lebih dihargai. Isn't it?

Kemarin, di kantor terjadi dialog singkat diruangan
ium: orang itu suka lupa bilang makasih, tolong sama maaf
vikram: lho kalo aku ngga, aku membiasakan buat bilang tolong
ium: aku ngga bilang kalo itu kamu, mas. orang-orang diluar sana itu maksudku
vikram: woo kirain
mas puji: ium nih kaya gurunya anakku di TK
ium: lah apa mas?
mas puji: iya, anakku diajarin gitu. kemarin aku diprotes, "salah pah, harusnya pake kata tolong" gitu
ium: hahaha ya bagus dong mas

See? Terkadang kita lupa mengatakan tiga kata keramat tersebut. Yuk dibiasain buat mengatakan terimakasih, tolong dan maaf :)

*vikram itu senior di kantor, kalo mas puji itu senior manager

xoxo
ium